Senin, 26 Juli 2010

seputar gsm

Share


Apa itu GSM?GSM pada awalnya merupakan singkatan dari Groupe Speciale Mobile, sebuah komite dari Conference of European Posts and Telecommunications yang ditunjuk untuk mengembangkan komunikasi nirkabel dan kemudian lebih dikenal sebagai Global Systems for Mobile communications (GSM), dikembangkan pertama kali di Eropa dengan frekuensi utama 900MHz merupakan sistem komunikasi digital nirkabel generasi kedua (2G)

Apa itu IMEI?
International Mobile Equipment Identity, merupakan kode identitas unik dari perangkat ponsel yang diakui secara internasional, kode umum untuk mengetahui IMEI ponsel anda: *#06#

Apa itu SMS dan SMSc?
SMS (Short Message Services) adalah servis berbasis text yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan singkat (160 karakter) kepada pengguna ponsel lainnya melalui SMS Centre (SMSc) yang akan mengontrol lalulintas pesan singkat tersebut.

Apa itu WAP?
Wireless Application Protocol, sebuah standard yang memungkinkan ponsel untuk mengakses internet dan servis nirkabel lainnya.

Apa sih CSD dan HSCSD?
Circuit Data Switch (CSD) dan High Speed Circuit Data Switch) merupakan layanan data generasi awal dari GSM untuk mengakses WAP melalui Data Call per sesi (tergantung lama pengaksesan). CSD memiliki transfer rate hingga 14.4 Kbps sedangkan HSCSD memiliki transfer rate hingga 43.2 Kbps.

Kalau GPRS apa dong?
Seperti halnya CSD dan HSCSD, GPRS (General Packet Radio Switch) juga merupakan layanan data GSM generasi kedua (lebih tepat lagi generasi 2.5G) yang memungkinkan pengguna mengakses layanan data secara terus menerus (always on) bukan per sesi. GPRS mempunyai transfer rate hingga 171.2 Kbps secara teori tergantung kelasnya (secara riil cuman 50-60 Kbps)

Kelas GPRS? What the….?
Kelas GPRS dibagi menjadi dua, Kelas Slot dan Kelas Servis.

Kelas Slot
Kelas slot direpresentasikan dengan angka downlink dan uplink (data transfer yang mampu didukung oleh ponsel dari dan ke jaringan) angka downlink/uplink satu mempunyai kecepatan antara 8-12 Kbps, dua 16-24 Kbps dan seterusnya berkelipatan. Rumus kategori kelas slot ini adalah sbb: GPRS Kelas X (downlink+uplink)

1. GPRS Kelas 1 (1+1)

2. GPRS Kelas 2 (2+1)

3. GPRS Kelas 4 (3+1)

4. GPRS Kelas 6 (3+2)/(2+3)

5. GPRS Kelas 8 (4+1)

6. GPRS Kelas 10 (4+1)/(3+2)

7. GPRS Kelas 12 (4+1)/(3+2)/(2+3)/(1+4)

Kelas Servis
Direpresentasikan dengan huruf, merupakan kelas untuk membagi pemakaian servis GPRS.

1. GPRS Kelas A
Ponsel yang memiliki kelas A servis GPRS dan GSM dapat dilakukan secara bersama-sama tanpa ada interferensi dari masing-masing servis

2. GPRS Kelas B
Ponsel yang memiliki kelas B servis GPRS dan GSM dapat dilakukan secara bersama-sama dengan interferensi terhadap GPRS oleh GSM. Misalnya saat menerima telpon/sms maka GPRSnya terhenti otomatis namun tidak putus, bila servis GSM sudah selesai, GPRS nya akan menyambung lagi

3. GPRS Kelas C
Ponsel dengan Kelas C tidak bisa menggunakan servis GPRS bersamaan dengan GSM, kudhu satu-satu secara manual pemakaiannya

E Em Es (EMS) dan Em Em Es (MMS) adalah………
Generasi selanjutnya dari sms, Enhanced Message Service (EMS) layanan pesan yang memanfaatkan multiple sms (>160 karakter) untuk mengirimkan data berupa gambar maupun suara dengan kualitas rendah, dipicu oleh teknologi Picture Message yang dikembangkan oleh Nokia, sedangkan MMS (Multimedia Message Service) juga merupakan layanan pesan yang mampu mengirim/menerima data (gambar/suara) berkualitas tinggi melalui layanan data GPRS

Nah, kalo EDGE ntu apaan?
Generasi ketiga (3G) dari layanan data GSM, Enhanced Data Rates for GSM Evolution (EDGE) mempunyai kemampuan layanan data 3x nya GPRS hingga 384 Kbps.

EDGE ada kelasnya juga gak?
Sama halnya dengan GPRS, kelasnya tidak jauh beda, yang membedakan adalah pada EDGE, 1 Slot merepresentasikan downlink/uplink dengan kecepatan 48-69.2 Kbps.

Teknis
Bagaimana cara konek ponsel dengan PC (Windows) sebagai modem?
Ada beberapa aternatif,

1. Kabel data (USB/Serial)

2. IrDA

3. Bluetooth

Sebelum disetting, sebaiknya install dulu driver yang diperlukan baik untuk kabel data, irda maupun bluetooth dan install modemnya.
Secara umum, settingan di Windows adalah sbb:

1. Start> Control Panel> Phone/Modem Options> Pilih modem yang sudah diinstall

2. Klik Properties> Advance> Extra Setting> Masukkan string: AT+CGDCONT=1, “IP”, “APN NAME” misal untuk matrik APN NAME= satelindogprs.com > Finish-selesai-done

3. Start> Control Panel> Network Connections> Create New Connection

4. Next> Pilih Konek to The Internet > Next lagi

5. Pilih Set up my Connection Manually> Next> Pilih Connect Using a dial up modem> Next

6. Isi nama ISP> Next> Isi Dial up number: *99***1# > Next> Isi Username Password> Next> Finished

7. Masuk lagi ke Network Connection> Pilih nama ISP yang sudah diisi diatas> Muncul window Dial up> Connect

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mungkin anda meminati :