Kamis, 03 Februari 2011

lakbok,purwadadi,pamarican belum siap gabung ke kota banjar

Share merger

Sejumlah tokoh pemuda dari tiga kecamatan di Kab. Ciamis yakni Lakbok, Purwadadi dan Pamarican berpendapat bahwa masyarakat di wilayahnya, umumnya memang sangar tertarik oleh keberhasilan Kota Banjar. Namun rasa tertarik itu, sebenarnya belum menyebabkan seluruh masyarakatnya ingin bergabung dengan Kota Banjar.


“Secara jujur, masyarakat dari empat kecamatan yang tergabung dalam Balapp (Banjarsari, Lakbok, Purwadadi dan Pamarican) tertarik ke Banjar karena pembangunan fisik Banjar luar biasa. Jalan-jalannya umumnya bagus, infrastruktur pun meningkat, misalnya. Namun untuk bergabung dengan Kota Banjar, belum semua pihak setuju,” kata Deni Suganda (tokoh Forum Masyarakat Lakbok), Marsono (pemuda Purwadadi, dan Agus Muslim (Gerakan Masyarakat Bawah Pamarican) kepada “PRLM” di Dusun Ciporoan, Desa Sidaharja Kec. Pamarican, Minggu (20/12) kemarin.


Ketiga pemuda tersebut mengatakan itu setelah melakukan survei ke masyarakat atas aspirasi yang disampaikan sejumlah elit politik yang tergabung dalam Forum “Balapp” soal penggabungan ke Kota Banjar. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa “aspirasi masyarakat” sebagaimana diklaim Forum tersebut sejatinya hanyanya aspirasi mereka yang tergabung dalam forum saja.


Menurut Marsono, atas hasil tersebut, maka para pemuda tidak akan mendukung langkah dari Forum Balapp untuk bergabung dengan Kota Banjar. Pasalnya, masyarakat umumnya lebih suka tetap bergabung dengan Kab. Ciamis, tetapi dengan menuntut adanya perbaikan sarana dan prasarana di wilayahnya ke Pemkab Ciamis.


“Menurut masyarakat, kalau mereka bergabung dengan Kota Banjar, pasti ada konsekuensi yang harus ditanggung oleh warga misalnya meningkatnya pajak yang harus dibayar dan mengikuti berbagai aturan lainnya yang berbeda dengan Ciamis. Konsekuensi itu pasti relatif berat untuk dilaksanakan,” kata Marsono.


Karena itulah, katanya, ketimbang nanti harus melaksanakan aturan pemerintahan baru yang mungkin berat, warga lebih baik tetap bergabung dengan Kab. Ciamis, tapi dengan adanya janji dan aksi perbaikan insfrastruktur sebagaimana diharapkan masyarakat selama ini.


http://www.pikiran-rakyat.com

1 komentar:

  1. kami warga purwadadi mnding ikut yang pembangunanya maju ,,masrakat mah perlu pembangunan...

    BalasHapus

mungkin anda meminati :